Daftar Adat Istiadat Minangkabau

LAREH
Lareh adalah sistem politik yang dipakai untuk menyebut aliran pemikiran dua datuak nenek moyang masyarakat Minangkabau yang terdiri dari Lareh Koto Piliang oleh Datuak Katamenggungan dan Lareh Bodi Caniago oleh Datuak Perpatih Nan Sebatang.

[baca lebih lanjut]

MATRILINEAL
Suku atau Matriclan adalah unit utama dari struktur sosial masyarakat Minangkabau. Dalam sistem matrilineal di Minangkabau ini, ayah bukanlah anggota dari garis keturunan anak-anaknya. DIa dipandang sebagai tamu dan diperlakukan sebagain tamu dalam keluarga istrinya

[baca lebih lanjut]

PERNIKAHAN ADAT MINANG - BAYUR MANINJAU
Di Minangkabau, nagari merupakan sebuah wilayah otonom yang bisa saja mempunyai adat yang berbeda dari nagari lain. Apabila terjadi pernikahan antara nagari Minangkabau, maka jalan yang ditempuh adalah melakukan kompromi untuk menentukan pernikahan adat Minang mana yang akan dipakai. Berikut ini adalah pernikahan adat Minang di nagari Bayur Maninjau sesuai dengan kondisi yang sekarang berlaku di tempat tersebut.

[baca lebih lanjut]

PERNIKAHAN ADAT MINANG - SUNGAI PAGU
Minangkabau memiliki prosesi pernikahan yang sangat beragam, begitu juga atribut pakaian dan perhiasan yang dikenakan pengantinnya dikala melangsungkan pernikahan. Masing-masing nagari memiliki karakteristik busana pengantin dan hiasan kepala yang dikenakan pengantin juga berbeda.  Berikut ini adalah tradisi pernikahan adat Serambi Sungai Pagu di Solok Selatan, yang merupakan alam serambinya Minangkabau

[baca lebih lanjut]

SILEK - SENI BELADIRI MINANGKABAU
Silek adalah nama Minangkabau buat seni beladiri yang ditempat lain dikenal dengan Silat. Sistem matrilineal yang dianut membuat anak laki-laki setelah akil balik harus tinggal di surau dan silat adalah salah satu dasar pendidikan penting yang harus dipelajari oleh anak laki-laki disamping pendidikan agama islam. Silek merupakan unsur penting dalam tradisi dan adat masyarakat Minangkabau yang merupakan ekspersi etnis Minang.

[baca lebih lanjut]

Truly Minangkabau Culture, Art and Style