Fakta - Fakta Menarik

ASAL USUL ORANG MELAYU
Dalam sejarah Melayu disebut bahwa Melayu merupakan nama sebuah sungai yang mengalir disekitar bukit Si Guntang yang merupakan tempat pemunculan pertama raja-raja Melayu seperti Palembang, Minangkabau dan Tanjung Pura

[baca lebih lanjut]

MINANGKABAU EKSPORTIR SENAPAN
Tidak banyak orang yang tahu bahwa pada abad ke-18, Minangkabau sudah terkenal sebagai pembuat senapan dan mengekspor senapan beserta pelurunya pada bangsa asing seperti Portugis maupun pada Kerajaan Aceh.

[baca lebih lanjut]

PASUKAN GAJAH MINANGKABAU
Pasukan gajah telah dipakai dalam pertempuran di Minangkabau. Pada tahun 1663, Groenewegen menjadi saksi sejarah tentang penggunaan pasukan gajah ini, saat Ia sedang aktif menjalankan lobi terhadap orang Minang untuk kepentingan perdagangan Belanda.

[baca lebih lanjut]

PERBEDAAN ORANG MINANG DAN PADANG
Seringkali disebut bahwa orang Minang atau biasa dikenal sebagai orang Padang. Sebutan yang demikian sebenarnya kurang tepat karena tidak semua orang Minang adalah orang Padang dan tidak semua orang Padang itu adalah orang Minang.

[baca lebih lanjut]

SENI PERANG MINANGKABAU
Sun Tzu adalah seorang ahli strategi militer terkenal bangsa Cina yang menulis buku "The Art of War", sebuah buku mengenai strategi militer klasik. Di Minangkabau juga terdapat sebuah buku tentang strategi militer yang mengajarkan kepada pasukan Belanda cara berperang lebih baik dalam melawan orang-orang Minang yang menjadi buku wajib untuk dibaca perwira-perwira Belanda yang ditugaskan ke Sumatera Barat.

[baca lebih lanjut]

SI PITUNG DARI KOTA PADANG
Si Pitung dari Padang ini bernama si Rancak. Belanda menamakan dia si Mata Setan karena tatapannya yang tajam dan berapi-api. Si Rancak adalah seorang pendekar silat yang mencari nafkah dengan merampok tetapi ia juga senang menolong orang dan tidak senang menindas orang yang lemah.

[baca lebih lanjut]

Truly Minangkabau Culture, Art and Style