Daftar Para Tokoh Minangkabau

HAJI AGUS SALIM
Agus Salim adalah manusia yang serba bisa, Agus Salim adalah penerjemah, ahli sejarah, wartawan, sastrawan, diplomat praktisi pendidikan, filsuf dan ulama. Agus Salim adalah tokoh kosmopolitan yang tidak hanya berkiprah domestik saja tetapi sudah mendunia. Agus Salim juga dikenal kalangan cendikiawan diluar negeri sebagai seorang jenius dalam bidang bahasa yang mampu menulis dan berbicara dalam banyak bahasa asing meskipun hanya menamatkan pendidikan setara sekolah menengah

[ ikutilah perjalanan Agus Salim disini ]

HAJJAH RANGKOYO RASUNA SAID
Rasuna Said sangatlah memperhatikan kemajuan dan pendidikan kaum wanita. Rasuna Said berpandangan bahwa kemajuan kaum wanita tidak hanya bisa didapat dengan mendirikan sekolah tapi harus disertai perjuangan politik dan pentingnya pembaharuan pemikiran islam dan kebebasan berpikir. Rasuna Said juga tercatat sebagai wanita pertama yang terkena hukum Speek Delict yaitu hukum kolonial Belanda yang menyatakan bahwa siapapun dapat dihukum karena berbicara menentang Belanda. Rasuna Said sempat di tangkap dan dipenjara pada tahun 1932 di Semarang.

[ ikutilah kisah hidup Rasuna Said disini ]

ROHANA KUDDUS
Rohana Kuddus adalah wanita Indonesia pertama yang mendirikan surat kabar dan sekaligus wartawati pertama Indonesia. Pada tahun 1912, Rohana Kuddus mendirikan surat kabar Soenting Melayu. Ia juga menjadi pelopoer pendirian sekolah keterampilan Kerajinan Amai Setia karena kepeduliannya terhadap nasib kaum wanita dan pendidikan kaum wanita. Rohana Kuddus juga aktif mendirikan dapur umum dan badan sosial untuk membantu para gerilyawan dalam menentang Belanda.

[ ikutilah perjalanan Rohana Kuddus disini ]

SUTAN SYAHRIR
Sutan Sjahrir (1909-1966) adalah perdana menteri Indonesia pertama dalam tiga kabinet yang berbeda dan merangkap Menteri Dalam dan Luar Negeri (1945-1947). Sutan Sjahrir merupakan perdana menteri termuda di dunia dan pernah menjadi penasihat Presiden Soekarno (1947). Sjahrir selalu memilih jalur diplomasi dalam perjuangannya dan Sjahrir merupakan salah seorang pahlawan nasional.

[ ikutilah perjuangan Sutan Syahrir disini ]

USMAR ISMAIL
Sutradara, seniman, budayawan, wartawan, politikus dan penyair terkemuka ini dianggap sebagian pihak sebagai bapak perfilman Indonesia. Karena jasa-jasanya bagi perfilman Indonesia, nama Usmar Ismail (1921-1971) diabadikan dalam Pusat Perfilman H. Usmar Ismail di Kuningan, Jakarta.

Untuk prestasinya di bidang film dan drama, Usmar Ismail mendapatkan penghargaan Wijayakusuma dari pemerintah Republik Indonesia pada 1962. la juga sempat menjadi anggota DPR kabinet Gotong Royong pada 1966-1969

[ ikutilah kisah Usmar Ismail disini ]

ZUBIR SAID
Zubir Said adalah pencipta lagu kebangsaan Singapura yang lahir di Bukit Tinggi, Sumatera Barat pada tahun 1907. Beliau mendidikasikan hidupnya untuk seni musik dari pada mencari keuntungan finansial semata. Banyak sekali penghargaan yang pernah diterima dalam seni musik ini, salah satunya adalah dalam Asian Film Festival ke-9 di Seoul pada tahun 1962 untuk film Dang Anom.

[ temukan karya Zubir Said lebih lanjut ]


Truly Minangkabau Culture, Art and Style